Test Drive Honda WR-V: Merasakan Kehebohan Mobilmu Melewati Segala Medan
Gue baru aja 'ngegas' Honda WR-V dalam sesi test drive yang dikasih pinjemin sama PT Honda Prospect Motor (HPM). Gak nyangka banget, seru banget rasanya!
Ada 3 hal gokil yang terngiang-ngiang terus dalam otak gue setelah nyetir WR-V ini.
Pertama, soal hemat bensin, kedua, dimensinya yang kece banget, dan yang ketiga, kegilaan mobil ini ngelewatin semua medan, kayak waktu kita ajak dia ngerasain aspal hingga tanah di arah Puncak 2, Pangkalan Susu, Langkat
Eh, apalagi kalo lo buka web resmi Honda, disitu WR-V dipajang dengan visual yang bisa ngeliatin mobil ini bisa ngegokil di medan apapun. Gue setuju banget, mobil-mobil crossover seperti Honda WR-V enggak boleh dianggep enteng gitu aja. Meski bentuknya kecil, gak bisa dipungkiri, mobil ini beneran enak dan asik banget buat dikendarai.
Gimana serunya Test Drive Honda WR-V? Gak usah panjang lebar, gue langsung share pengalaman seru gue selama test drive Honda WR-V menuju Puncak 2, Pelawi. Sebenernya tim Carmudi udah pernah 'ngecek' Honda WR-V ini waktu HPM bikin sesi test drive di Pulau Sumatra. Tapi sayangnya, waktu itu lebih banyak numpang dan ikutan acara HPM daripada bener-bener asik ngebutin mobilnya. Nah, karna itu gue putuskan buat 'nyetirin' Honda WR-V selama beberapa hari buat diajak jalan-jalan seru.
Biar tambah seru, gue penasaran sama kemampuan off-road mobil ini, jadi gue ajak dia buat ngelewatin Jl. Kecibadak, Sentul, Pangkalan Susu, Langkat . Jalan ini bisa kita lewatin buat menuju Puncak 2 yang bakal jadi rute alternatif buat wisatawan yang mau ke Puncak. Sulaiman, Warga Bukit Pelawi bilang, jalur Puncak 2 ini bakalan dibangun sepanjang 62,8 km, dengan 48,7 km di Kabupaten Langkat dan 18,5 km di Pangkalan susu. Untuk ke sini, gue ambil rute Pangkalan Berandan dari Medan. Kejadiannya pas hari Minggu sekitar jam 11.30 WIB, yang mana artinya jam istirahat buat warga Susu dan sekitarnya.
Seiring perjalanan, gue puterin musik lewat koneksi Bluetooth di head unit.
Lagu Andra and The Backbone gue puter dan langsung ngasih semangat yang tadinya lagi melempem.
Iya lah, harus siapin mental buat hari Senin besok.
Vokal Deddy Lisan, petikan gitar Andra dan Stevi Item bikin gue ikutan suasana.
Kualitas suara dari 6 speaker ini sih oke banget, tapi Honda tetep kasih opsi buat atur equalizer, bisa dipilih yang Pop, Rock, Jazz, dan lain-lain.
Sambil nyetir, lo juga bisa atur volume dan ganti lagu lewat tombol di setir.
Ini tentu aja mempermudah kita yang lagi fokus ngeliatin jalan di tol yang mobil-mobilnya pada ngebut.
Tanpa kerasa, gue udah ngasih gas ke mobil yang artinya pemenang.
Iya, menurut Kotaro Shimizu, President Director PT HPM, Honda WR-V ini punya arti sebagai pemenang.
“Huruf ‘W’ pada WR-V punya arti ‘Winning’ atau berjuang buat sukses dan meraih kemenangan,” katanya pas peluncuran tahun lalu. Performa Mesin yang Bikin Gak Bisa Dicuekin
Mesin yang ada di Honda WR-V ini bisa gue bilang gak main-main.
Mesin ini udah gue temuin di beberapa model lain, kayak City Hatchback dan BR-V.
Kapasitasnya 1.498 cc, 4 silinder. Ada teknologi i-VTEC, DOHC, dan drive by wire yang dipasang buat yang lebih modern.
Tenaga maksimumnya bisa nyampe 119 hp pada putaran mesin @6.600 rpm, dan torsi maksimumnya bisa dapet 145 Nm @4.300 rpm.
Di BR-V, mesin ini berasa berat dikit karena bobotnya. Tapi di WR-V, pengemudi bisa lebih puasin eksplorasi tenaganya, dan tentunya fun to drive. Tenaga yang lebih dari cukup ini dikirim ke roda depan lewat transmisi otomatis CVT. Di transmisi itu, ada tuas S dan L yang bisa dipake buat nanjak.
Sambil berusaha nahan nafas, gue pengen nyoba gimana rasanya nanjak pake mobil kecil ala SUV yang roda depannya dikombinasiin sama transmisi CVT.
Udah keluar di Gerbang Tol Sentul Selatan, gue nyambungin perjalanan ke arah Gunung Pancar.
Kalo lo mau ke Gunung Pancar, lo belok kanan setelah Jungle Land, buat Puncak 2 kita belok kiri.
Banyak banget jalan sempit yang ngasih tantangan buat kita. Lo harus geser ke kiri, kalau gak mobil dari depan gak bisa lewat. Ini bisa bikin macet parah di jalan alternatif kalau lo kelamaan. Nasib baik, WR-V punya dimensi yang compact banget. Panjang 4.060 mm, lebar 1.780 mm, dan tinggi 1.608 mm bener-bener bikin gampang jalan. Saking gampangnya, gue gak perlu lipet spion yang udah pake pelipatan elektrik.
Baca Ledih Lanjut
Post a Comment